Latihan Soal Lagu

Hi guest, kali ini saya akan membahas tentang topik lagu yang di bahas pada kurikulum 2013 revisi, khususnya kelas XI semester 2.
Kamu mungkin suka bernyayi, apa yang kamu sukai dari sebuah lagu? apakah karena musiknya, atau karena liriknya, atau mungkin juga temanya atau dikarenakan penyayinya yang ganteng atau mungkin cantik. Pastinya kamu mungkin memiliki alasan tersendiri....cukup disimpan saja ya gaest alasanmu!

Pastinya kamu sudah tahu dong apa itu lagu, yap benar....

Lagu merupakan sebuah ekspresi atau ungkapan yang mengandung arti atau makna yang mana memberikan sebuah pesan yang ingin ia sampaikan ke khalayak umum, seorang dpat merasakan dan memahami pesan apa yang hendak disampaikan oleh seorang penyayi tersebut.

Lagu memiliki beberapa tema seperti sebuah persahabatan, tentang kehidupan, cinta, kematian, patah hati dan perdamian. Setiap lagu mempunyai sebuah cerita yang hendak diceritakan sehingga ketika mendengarkan sebuah lagu maka perasaan kita akan terbawa pada suasan atau situasi disampaiakan oleh sang penyayi, mungkin kita mersa bahagia, kecewa, marah atau dengan emosi yang lain.

Apa itu lagu ( what is a song)? menurut kamus Oxford Leaner's Dictionary a song is short a piece of music with word that you sing (sepotong musik pendek dengan kata-kata yang anda nyayikan) jadi Lagu adalah sebuah karangan untuk dinyayikan menggunakan alat musik. Jika kamu ingin membuat sebuah lagu kamu harus mengetahui tentang struktur lagu. Meskipun kamu sudah mengatahui strukturnya kamu juga harus mengetahui esensi atau maksud dari struktur tersebut.


Struktur Membuat Lagu

Sudah saya bahas diatas jika kamu ingin membuat sebuah lagu kamu harus mengetahui struktur atau susunan lagu, tidak asal buat saja. Paling tidak kamu mengetahui dan memahami maksud dari struktur tersebut.

Struktur dari lagu terdiri dari "intro - Verse - Chorus - Bridge - Chorus".

Berikut ini difinisi dari masing struktur


  1. Intro atau Introduction: Intro merupakan bagian pembuka dari sebuah lagu.
  2. Verse atau syair : Verse merupakan bagian inti dari sebuah lagu dimana bagian ini menceritakan sebuah cerita, serta mempunyai tujuan agar para pendengar terbawa kedalam suasana pesan lagu yang disampaikannya.
  3. Chorus atau ulangan lagu: Chorus merupakan bagin dari lagu yang diulangi setelah Verse. dibagian Chorus ini biasanya syair lagu sering dihapal oleh para pendengar disebabkan isinya berlawanan atau kotras dengan Verse atau syair.
  4. Bridge : Bridge disini merupakan Verse kedua bukan yang utama, biasanya Bridge disini satu kali muncul atau dua kali dalam satu lagu, maka dari itu kenapa Verse perlu dulang pada saat diakhir Verse
Itulah cara membuat sebuah lagu, jadi struktur tersebut perlu diperhatikan ketika membauat sebuah lagu, karena lagu memiliki fungsi sosial yang mau disampaikan.


Fungsi Sosial dari Sebuah Lagu


Karena lagu memliki sebuah makna atau arti, pesan yang hendak disampaikan ke khalayak umum, oleh sebab itu lagu mempunyai fungsi untuk sosial.

Berikut adalah Fungsi sosial dari sebuah lagu:
  1. Untuk memberi inspirasi kepada para pendengar
  2. Untuk mengungkapkan perasaan sang penulis lagu
  3. Untuk berbagi perasaan dengan orang lain
  4. Untuk mengajarkan sebuah pelajaran,hikmah, pengalaman kepada para pendengar
  5. Untuk memberikan sebuah kritikan pada lingkungan pada saat tertentu
  6. dan terakhir tentunya untuk menghibur kepada para pendengarnya
Sebuah lagu pasti memiliki makna, Lalu gimana cara memahami makna dari sebuah lagu. berikut ini akan saya samapaikan tips cara memahami makna atau arti dalam sebuah lagu khususnya pada lagu bahasa inggris ya guest, bukan lagu Indonesia, campursari atau dangdut dan juga bukan lagu Melayu,,,,,he,,, he,,,he

Tips Memahami makna sebuah lagu


  1. Mendengarkan lagu sambil mendengarkan lirik 
  2. Bacalah liriknya sendiri agar kamu dapat menafsirkan artinya, dan juga kamu akan mendengarkan syair dengan kata-kata I, you atau we menerangkan lirk pada bahasan apa.
  3. Fokuslah dan imajinasikan syair lagu tersebut dan juga lirik menggambarkan sebuah rasa imajinasi bukan hanya idenya saja
  4. gunakan atau ungkapkan dengan menggunakan kata-kata yang puitis sekali tempo agar kamu juga terbiasa.

itu saja ya bahasan kali ini, dan nanti kita lanjutkan pembahasan tentang unsur bahasa yang dipakai dalam lagu. Dan sebagia latihan kamu tentang lagu, saya berikan latihan soal, silahkan klik link di bawah ini, terima kasih


klik disini untuk latihan soal lagu 1

klik disini untuk latihan soal lagu 2

Comments

Entri Populer

Soal Personal Letter Pilihan Ganda

Lirik lagu High lighthous Family dan artinya

soal song & poem serta pembahasannya

soal puisi poem bahasa inggris sma

Penjelasan Cause and Effect